Skip to main content

Posts

Showing posts from 2018

ASI vs Sufor

Menurut saya ASI itu.. dan sufor itu.. Pendapat saya ga terlalu penting, saya cuma pengen nulis klo saya penganut hidup waras wkkkwk. Sebagai yang megang anak 24 jam dan sebagian kecil sekali dipegang misua, saya butuh istirahat. Saat ini produksi ASI di tingkatan cukup jadi belum berlebih jadinya tiap malem itu misua yg nyusuin anak pake sufor.
Kenapa sufor karena waktu itu awalnya saya sakit demam, ASI tiba2 seret si anak lemas tak berdaya bahkan nangis jg ngga udah takut dehidrasi akhirnya kasi sufor dan dia seger lagi alhamdulillah. Saat ASI udah balik seperti semula, sufor masih saya terusin, karena sekali lagi saya mah pengen hidup waras. 
Karena sufor saya bisa gantian ngurus sama misua, karena sufor saya jadi bisa nitip anak saya ke mamah pas di bandung, jadinya saya bisa refreshing. Udah ga peduli sama kandungan ASI dan sufor, walau beberapa orang bilang jangan pake sufor saya mah maju terus. 
Sempet ke dokter random gt karena emergency, trus pas lagi nanya2 ini ASI atau suf…

Sakit itu ada batasnya

Inget jaman lahiran anak kedua, mulesnya luarrr biasa. Kerasa lebih susah dibanding anak pertama, mungkin karena expect sama kaya yg pertama ternyata ngga, ya iyalah ya gimana mungkin sama juga ya.
Pengalaman yg pertama induksi dari pembukaan 4 klo yg kedua induksi dari pembukaan 9.  Rasa mulesnya beda, klo induksi kan itungannya nahan sakit, klo belum diinduksi nahan sakitnya dobel karena harus pake mikir ga boleh ngeden sampe pembukaan 10. Saya sampe males ngehubungin keluarga sebelom lahiran, karena prosesnya pake mikir jadi pas lahiran itu saya cuma berdua aja ma misua.
Jaman yg pertama nahan sakit cuma ditemenin misua cukup, paling dia jadi korban cubitan dll nah yg kedua sampe harus ditemenin 2 bidan. Satu bidan ada yg sangat berjasa karena bawaan dia tenang bgt, jd pas mules klo ngeliat dia rasanya adem walau tetep teriak2nya g ketinggalan hehe.
Anyway dari proses kelahiran terakhir, saya dapet pelajaran dari misua, sakit itu ada batasnya, tahan sebentar lagi, istighfar. Walau…

Lika-liku menyusui

Buat beberapa orang mungkin menyusui itu adalah hal yg gampang tapi buat saya susaaaaahhh bgt. Dimulai dari gimana itu asi biar ga tumpah, awal2 bayinya bukan minum asi tapi mandi asi ntah kenapa ya padahal udah sampe bagian aerola yg masuk ke mulut bayinya. Sampai browsing kesana kemari. Akhirnya nemu artikel yg sangat dewa menurut saya sih soalnya langsung berhasil di percobaan pertama. Busui, Kenali Pelekatan Menyusui yang Salah dan Cara Memperbaikinya
Setelah proses nyusu udah bisa sekarang yg dipikirin gimana produksi biar banyak. Tiap hari kepikiran, tiap abis nyusu kepikiran harus makan dan minum lagi. entah kenapa hidupnya jadi ga bebas yg dipikirin cuma ASI dan ASI heuu.. Sampe tanti bilang kuncinya hepi ko ci dan emang bener kebukti pas temen2 nengok ke rumah setelah 40 hari, ASInya jadi banyak, ASI booster terbaik itu ya ketawa2 bareng temen.
Sekarang saya udah let it go, udah ga kebanyakan mikir, ga pake minum ASI booster apa2  dan alhamdulillah ASI selalu tersedia. Oya …

Mamah

Beberapa minggu menjelang lahiran, mamah banyak ngurus anak saya yg pertama dan hasilnya jeng jeng anak saya bisa tembem pipinya Saya pikir anak saya ga akan bisa berisi karena nurun dari saya ternyata saya salah. Mamah saya bilang "Anak itu hasil karya, kamu ngurus yang bener dong karena ini masa pertumbuhan dan waktu ga akan bisa diulang." Papah yg ikut dengerin malah ketawa2 sambil bilang "Mamah mau dilawan!!"
My mom is the most stubborn person in the world. Kadang positif kadang negatif tapi saya bersyukur mamah masih ada, masih banyak hal yang pengen saya pelajarin dari mamah. Berharap mamah panjang umur dan sehat2 terus, karena tempat pulang itu mamah.

Home is where my mom is

Enjoy This Moment

Seringkali ngerasa pengen cepet-cepet ngelaluin satu waktu entah karena ga suka atau ga sabar pengen nemu yang baru. Misalnya pengen cepet lulus, cepet kerja, cepet nikah, cepet hamil, cepet lahir, anak cepet gede dll. 
Karena terlalu fokus untuk ke depan kadang saya jadi lupa nikmatin apa yg lagi ada sekarang sampai akhirnya muncul sedikit penyesalan karena waktu ga bisa diulang lagi. Kadang saya ma misua mikir pengen balik  ke jaman kuliah dimana cuma harus mikir mata kuliah hahahha..
Saya mulai sadar pas anak saya mulai gede, saat foto2 bertahun-tahun lalu muncul lagi, saya ngerasa ngelewatin banyak hal, kangen pengen balik lagi tapi ya jelas ga bisa. Jadi itulahh efek saya yg seringnya ngarep ada di masa depan, ga fokus sama yang ada di depan mata.
Akhirnya saya mulai berubah di kehamilan anak kedua, ga pengen cepet2 lahir lagi kaya yg pertama. Nikmatin setiap waktunya, maksimalin perhatian buat yang pertama karena selanjutnya ga akan sama lagi, semuanya mulai kebagi. Perhatian m…

When We Fight

Waktu itu saya lagi ngepel trus dia malah loncat2 di atas lantai yg masih setengah kering. Udah beberapa kali dikasi warning tapi dia masih tetep loncat2, jadilah saya pegang kenceng tangannya sampe dia nyadar kalau saya marah. Baru deh setelah itu dia berhenti loncat2 dan saya bisa ngepel lagi.
👧 : "mami kenapa cubit sih" 👩 : "abis mami ngomong ga didenger, kan bahaya gimana klo jatuh"
Untuk beberapa saat si anak mikir, dia ini agak sensi klo dimarahin sampe dapet alesan jelas baru mau nerima.
👧: "mami ayo minta maaf udah cubit!" 👩: "ok maaf ya tapi kamu juga harus minta maaf karena ga denger mami" 👧: "iya mami"
Berpelukan dan selesai. Begitulah akhirnya kita baikan. Anaknya udah cukup ngerti kalau kadang maminya ga bisa nahan emosi.



Beberes

Setelah jengah dengan renovasi dan barang-barang yang bertumpuk sana sini akhirnya mulai juga saya beberes. Dimulai dari kamar anak saya, lalu ke dua kamar lainnya, ruang keluarga, dapur dan gudang.  Barang2nya super banyak perasaan biasa aja tapi setelah dikumpul-kumpul hmmm yu mari deh. Ok jadi kita mulai listnya ya: 

Mainan yg paling pertama saya beresin, ceritanya mau bikin garsel tapi peer bgt harus poto2 sana sini akhirnya saya kasih ke mba yg kerja di rumah trus bawa lagi ke bandung kali bisa disalurkan ke mana-mana. 
Perbajuan. Ngerasanya sih jarang beli baju tapi kenapa lemari penuh heu. Jadi sama kaya mainan, baju-baju itu akhirnya saya bawa aja ke bandung biar mama saya yg menyalurkan. Jadi cepet beres kan yah.
Tas.Saya coba beberapa kali beli tas buat move on dari tas lama yg dipake sejak kuliah berjuta taun lamanya tapi ga bisa, jadinya banyak tas yg ga kepake. Dari sisi misua sama anak saya, beli tasnya paling 1 sampai 2 kali tapi dari kantor ma sekolahan sering banget d…

Minimalist

Sejak bersiap untuk anak kedua jadi mulai mikirin soal space di rumah. Diawalin sama renovasi rumah yaitu ngelebarin kamar yg sempit bgt biar ga cuma muat kasur doang tiba2 saya sadar klo di rumah banyak bgt barang. Pas renovasi itu kan barang2 otomatis ditumpuk2 di luar dan saya langsung ngerasa sesek bgt. 
Saat itu saya tiba2 pusing jengah bgt mikirin rumah buat barang2 biar lebih teratur. Saya mulai cari2 ide di pinterest, jungkir balik deh di situ tapi tetep ga ada ide mentok. Waktu itu sekitar akhir bulan, saat2 buat ngabisin jatah pulsa buat beli buku, saya mulai cari buku dan tiba2 aja keluar rekomendasi buku "goodbye, things"  

Mulailah baca-baca dan cepet abis aja sodara2. Tiba2 saya ngerasa ringannn bgt padahal baru mulai baca lho hehe jadi ngeh soal minimalist yg ga berarti cuma style rumah yg simple tapi lebih dalem dari itu.
Dari baca-baca itu saya mulai nemu masalah saya dimana, bukan sekedar how to be organized tapi barang2 lo tuh yg numpuk heuheu. Akhirnya m…

Anak Tetangga

Setiap pagi waktu saya mulai nyalain mobil, anak sebelah rumah udah stand by depan rumahnya. Posisi rumah saya di pojok dan lebar jalan cuma muat satu mobil jadinya peer tiap pagi ya mundurin mobil buat keluar dari cluster.
Pas mulai mundurin mobil si anak yg udah 2 taun ini bakal teriak "Terus.. terus.. " Senyum malu2nya memorable bgt. Kadang klo ngeh diperhatiin dia bakal masuk ke rumah tapi abis itu keluar lagi hihi lucuuu 😃😃😃


Perkembangan Terbaru

Umurnya 6 tahun dan alhamdulillah badannya jadi sehat dan kuat. Udah hampir 5 bulan ini ga ke dokter biasanya sebulan sekali pasti ada aja ke dokter. Jadi di tulisan ini saya cuma pengen berbagi hal-hal yg baru saya temuin.
1. Umur 6 tahun apa artinya jadi lebih kuat dibanding balita ya?
2. Ketemu dokter yg ga langsung kasih obat klo sakit. Ini anak alergi bu obatnya cuma satu ga ketemu sama penyebabnya. Dulu-dulu saya ga suka liat anak saya sakit batpil jadi sering diajak ke dokter biar dikasih obat dan sembuh. Nah pas ketemu dokter yg baru ini saya coba tahan2 walaupun batuknya udah geje, dan ternyata emang bener setelah berapa lama ajaib batuknya ilang hahaha. Saya mulai tau klo anak saya alergi dingin ma debu.
3. Minum susu colostrum. Mertua waktu itu sakit typhus udah beberapa lama ga ada kemajuan pas dikasi susu ini proses penyembuhannya jadi cepet. Akhirnya saya iseng pas anak saya mulai keliatan ga fit saya kasih minum susu ini dan emang jadi seger lagi, ga jadi sakit. Hargan…

Gadget oh Gadget

Jaman udah modern semua bisa diakses lewat gadget, tapi yang jadi masalah kapan saya bisa lepas dari gadget. Kadang hape mati cari tablet atau laptop jadi ya gitu ngulek aja sama gadget, bahkan untuk baca buku jg pake gadget karena dapet fasilitas pulsa gratis jadinya sering dipake beli buku. Buat saya ini masalah yg cukup gede, karena setiap saat bareng anak dan saya ngelarang anak buat maen gadget tapi kan yg diliat dia saya megang terus nahhhhh kan ga fair jadinya. Susaahhh ya, gimana coba.
Jujur saya paling ga suka liat anak megang gadget atau nonton tv, tapi yah kadang demi kesehatan mental saya ngasih banyak juga heuuuu.... Haduuuhhhhh.....Saat ga mobile dan hanya di rumah ngapain ya.. Lagi mikir nanti klo adenya lahir, jangan sampe dia kenal gadget sampe umur sekolah deh.  Mungkin tahan ga ya heu... Kadang kita butuh pengalihan tapi apa harus gadget ya?? Gadget itu jalan pintas, jalan panjang nan berlikunya apa yah...
Jaman anak saya bayi sih aman dari gadget karena banyak yan…

Si Anak Papap

Saat anak cantik ditinggal papapnya ke jakarta, "mami already miss him". Papapnya dimana, masih depan mata aja sodara2 baru keluarin mobilnya hahahahaha

Bebas Riba

Beberapa bulan terakhir mulai disadarkan soal riba dan cukup banyak terlibat juga sodara2 mulai dari cicilan rumah dan mobil, kartu kredit, asuransi dan pegadaian. Banyak ya heuuu, akhirnya bulan kemaren mulai membulatkan tekad untuk nutup asuransi yang udah berjalan 9 tahun. Agak was2 gimana gt ya kan tadinya buat proteksi dan bla bla tapi akhirnya terlaksana juga di bulan ini. Prosesnya gampang cuma perlu isi form penebusan trus dilengkapin sama polis asli, fotokopi ktp  dan rekening tabungan. Waktu itu hari jumat saya titip misua aja karena deket dari kantornya.
Hari sabtu saya liburan ke bandung beberapa hari, dan pas hari senin dapet telepon dari orang asuransi buat verifikasi data, bukan ke hape tapi telepon rumah bandung. Nomor hape dari 9 taun lalu tentunya sudah berubah. Kebetulan banget klo kita sih suka bilangnya gila meant to be bgt sih hahahha. Akhirnya setelah telepon itu pengajuan saya bisa mulai diproses, alhamdulillah.
Next goal kartu kredit kudu musti wajib ditutup,…

Kilas Balik Part 2

Lama ga nulis blog udah tahun 2018 aja, klo dulu pernah nulis kilas balik 6 bulan pertama di tahun 2017 sekarang mari kita review lagi yg terjadi di 6 bulan terakhir 2017
Juli Jalan bareng keluarga misua ke ancol. Saat semua bisa kumpul tanpa terkecuali itu sangat seru. Biasanya pasti ada yg ga ikut jadi pas dadakan pergi trus semua ada itu menyenangkan sekali
Agustus Masa-masa ngajarin anak baca karena ceritanya ngejar tes bulan oktober tapi sampe sekarang belum terlaksana, masih galau milih sd. Sebenernya ngajarin baca itu susah2 gampang, yang pasti semuanya balik ke orang tuanya lagi. Kalau rajin dan tahan banting ya jadi cepet bisanya. 
Liburan ke pangandaran, saya sih bosen sebenernya tapi misua itu sangat menikmati nyetirnya. Perjalanan panjang cuma untuk nginep di satu hotel pinggir pantai yang emang keren dan nyaman bgt. Abis basah2an maen pasir trus tinggal ngesot bersih2 di kamar hotel itu enak bgt.
September Anak saya berhasil naik sepeda roda dua. Saya yg ngajarin hihi maaf…